Visi

Program Studi Pendidikan Kimia (PSPK) berstandar internasional dalam pengembangan sumber daya manusia dan IPTEKS bidang pendidikan kimia berwawasan lingkungan hidup.

Tujuan Program Studi (Program Educational Objectives/PEO)

Tujuan PSPK adalah menghasilkan lulusan sarjana yang mempunyai kualifikasi:

  • Menghasilkan lulusan yang religius, etika, berintegritas, pembelajar seumur hidup, dan memiliki kesadaran lingkungan.

  • Menghasilkan lulusan yang menguasai teori ilmu kimia dan pedagogi serta penerapannya dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara ilmiah dan bertanggung jawab.

  • Menghasilkan lulusan yang dapat merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran kimia yang adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berintegritas dan bertanggung jawab.

Profil Lulusan dan deskripsinya

NoProfil Lulusan (PL)Deskripsi Profil Lulusan
PL1Praktisi pendidikan kimiaMemiliki kreativitas dan inovasi dalam merancang, melaksanakan, dan mentransmisikan pembelajaran kimia dengan menggunakan teknologi informasi dan wawasan lingkungan, serta mengkomunikasikannya secara efektif dan bertanggung jawab.
PL2Peneliti MudaMemiliki kemampuan merancang teknik untuk memperoleh informasi atau data, mengamati, menganalisis, dan menyimpulkan suatu masalah berdasarkan data dan mengkomunikasikannya secara ilmiah dan bertanggung jawab.
PL3Praktisi PendidikMemiliki kemampuan menganalisis permasalahan pendidikan, memberikan alternatif solusi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, dan mengkomunikasikannya secara inovatif dan kolaboratif di bidang pendidikan kimia yang berintegritas dan bertanggung jawab.

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi

NO

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

1

Mampu menjalankan semangat religius, nasionalis, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, bertanggung jawab atas kehidupan sehari-hari dan profesi, dan mempertahankan sikap pembelajar seumur hidup;

2

Menguasai konsep, prinsip, prosedur, dan aplikasi teoritis di bidang kimia, termasuk kimia organik, anorganik, analitik, fisika, dan biokimia;

3

Menguasai konsep dasar dan penerapan teori pedagogis dalam pendidikan kimia, meliputi kurikulum, pengembangan peserta didik, teori pembelajaran, pengembangan alat pembelajaran, dan evaluasi kimia;

4

Mampu menerapkan pemikiran kritis, sistematis, inovatif, komunikatif, dan kolaboratif dalam memecahkan masalah di bidang kimia dan pendidikan kimia;

5

Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi model pembelajaran kimia yang mengintegrasikan TIK dalam pemecahan masalah, dan mampu beradaptasi dengan situasi apa pun;

6

Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengkomunikasikan hasil penelitian dengan tetap berpegang pada prinsip-prinsip ilmiah di bidang kimia dan pendidikan kimia;

7

Mampu mengidentifikasi, menganalisis, mengekstraksi, dan mengisolasi bahan organik untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan masyarakat dengan mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan;

8

Mampu mengidentifikasi, menganalisis, mengekstraksi, mengisolasi, dan mengkarakterisasi bahan anorganik untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan masyarakat dengan mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan.