Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Tadulako berkomitmen menjalankan tata kelola yang transparan dan berkualitas melalui penguatan tridharma perguruan tinggi, kolaborasi, serta pengembangan sumber daya manusia dan sarana prasarana. Kebijakan ini bertujuan menghasilkan lulusan yang unggul, inovatif, dan berkontribusi nyata bagi masyarakat.

Dokumen Lamdik

A. Kebijakan Visi, Misi, Tujuan dan Strategi 

  1. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Pasal 8.

  2. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2024 Tentang Statuta Universitas Tadulako Pasal 2.

  3. Peraturan Rektor Universitas Tadulako Nomor 01 Tahun 2020 Tanggal 3 Januari 2020 tentang Visi (Pasal 1), Misi (Pasal 2), dan Tujuan Universitas Tadulako (Pasal 3)

  4. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 63/UN28/OT/2022 Tanggal 4 Januari 2022 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Tadulako mengenai Standar Identitas (Visi, Misi, dan Tujuan)

  5. Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Tadulako mengenai Standar Identitas (Visi, Misi, dan Tujuan)

  6. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 18083/UN28.1/TU/2022 Tanggal 25 Juli 2022 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) FKIP Universitas Tadulako mengenai Standar Visi, Misi, dan Tujuan

B. Dokumen Pendukung

NO

Link

Penjelasan

1

Website FKIP Untad

Situs resmi Pusat Penjaminan Mutu Untad yang memublikasikan kebijakan mutu, termasuk sosialisasi visi-misi Program Studi.

2

Website Prodi Pendidikan Kimia

Situs resmi FKIP Untad untuk menyosialisasikan kebijakan akademik dan informasi Program Studi Pendidikan Kimia

3

Naskah Akademik Prodi

Dokumen akademik penyusunan visi-misi Program Studi Pendidikan Kimia, termasuk analisis kebutuhan dan strategi implementasi

4

SK Tim Perumus Visi-Misi

Surat Keputusan tim perumus visi-misi Program Studi yang terdiri dari dosen tetap.

5

Draf visi misi keilmuan dan Tujuan PSPK

Rancangan arah, langkah, dan capaian strategis bidang keilmuan yang disusun bersama untuk menjadi panduan pengembangan program studi

6

Sosialisasi Visi keilmuan dan tujuan PSPK FKIP Untad

Kegiatan penyebarluasan dan pemahaman visi keilmuan serta tujuan PSPK FKIP Untad kepada seluruh pihak terkait sebagai acuan bersama dalam pengembangan program studi

A. Kebijakan Tata Pamong, Tata Kelola dan Kepemimpinan

  1. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2023 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Tadulako
  2. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 261/M/2024 tentang Standar Pelayanan Minimum Universitas Tadulako
  3. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 403/O/2024 tentang Rincian Tugas Unit Kerja di Lingkungan Universitas Tadulako
  4. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 70/UN28/KP/2014 Tanggal 2 Januari 2014 Tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tanggung Jawab Rektor/ Wakil Rektor, Dekan/ Wakil Dekan dan Kepala Biro Serta Kepala Bagian Universitas Tadulako
  5. Peraturan Rektor Universitas Tadulako Nomor 7 tahun 2017 Tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tanggung Jawab Unsur Pimpinan di Lingkungan Universitas Tadulako
  6. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 63/UN28/OT/2022 Tanggal 4 Januari 2022 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Tadulako mengenai Standar Tata Pamong, Kepemimpinan, Tata Kelola, dan Penjaminan Mutu, Standar Ketaatan pada Peraturan dan Perundang-Undangan Bidang Pendidikan Tinggi
  7. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 18083/UN28.1/TU/2022 Tanggal 25 Juli 2022 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) FKIP Universitas Tadulako mengenai Standar Tata Pamong, Kepemimpinan, Tata Kelola, dan Penjaminan Mutu, Standar Ketaatan pada Peraturan dan Perundang-Undangan Bidang Pendidikan Tinggi

B. Kebijakan Kerjasama

  1. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Pasal 23, Pasal 55, Pasal 61
  2. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 3077/UN 28/KS/2020 Tanggal 10 Maret 2020 tentang Penetapan Pedoman Perencanaan dan Pengelolaan Kerjasama Universitas Tadulako
  3. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 4300/UN28/KS/2021 Tanggal 21 Juni 2021 tentang Penetapan Pedoman Monitoring Pelaksanaan Kerjasama di Universitas Tadulako
  4. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 6491/UN28/PG/2022 Tanggal 5 September 2022 tentang Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Memorandum of Understanding (SIMOU) Universitas Tadulako
  5. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 63/UN28/OT/2022 Tanggal 4 Januari 2022 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Tadulako mengenai Standar Kerja Sama, Standar Internasionalisasi Kampus
  6. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 18083/UN28.1/TU/2022 Tanggal 25 Juli 2022 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) FKIP Universitas Tadulako

C. Kebijakan Penjaminan Mutu

  1. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi
  2. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2023 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Tadulako
  3. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 403/O/2024 tentang Rincian Tugas Unit Kerja di Lingkungan Universitas Tadulako
  4. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 70/UN28/KP/2014 Tanggal 2 Januari 2014 Tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tanggung Jawab Rektor/Wakil Rektor, Dekan/Wakil Dekan dan Kepala Biro Serta Kepala Bagian Universitas Tadulako
  5. Peraturan Rektor Universitas Tadulako Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tanggung Jawab Unsur Pimpinan di Lingkungan Universitas Tadulako
  6. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 64/UN28/OT/2022 Tanggal 4 Januari 2022 mengenai Kebijakan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) Universitas Tadulako
  7. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 53/UN28/KL/2018 Tanggal 2 Januari 2017 tentang Pembentukan Unit-Unit Pada FKIP Universitas Tadulako mengenai Unit Penjaminan Mutu Fakultas
  8. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 3179/H28/KL/2008 Tanggal 3 Juli 2008 tentang Pembentukan Organisasi Penjaminan Mutu Universitas Tadulako
  9. Keputusan Dekan FKIP UNTAD Nomor 18084/UN28.1/TU/2022 Tanggal 25 Juli 2022 tentang Penetapan Kebijakan SPMI FKIP Universitas Tadulako mengenai Kebijakan SPMI FKIP Universitas Tadulako
  10. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 2146/UN28.1/DV.01.07/2024 Tanggal 31 Januari 2024 tentang Pengangkatan Ketua dan Anggota Sera Uraian Tugas Gugus Kendali Mutu Program Studi FKIP Universitas Tadulako

Dokumen Pendukung

NO

Link

Penjelasan

1

UNTAD

Sosialisasi kebijakan tata pamong, tata kelola, dan kepemimpinan

2

FKIP

Sosialisasi kebijakan tata pamong, tata kelola, dan kerja sama.

3

PSPK

Sosialisasi kebijakan Program Studi Pendidikan Kimia (PSPK)

4

Satuta Universitas

Dokumen statuta Untad.

5

Organisasi dan Tata Kerja (OTK)

Dokumen OTK Untad.

6

SOP Tata Pamong

Dokumen SOP tata pamong.

7

Penetapan Koordinator PSPK

Dokumen penetapan koordinator PSPK

8

SIPENAEMAS

Sistem informasi penelitian dan pengabdian.

9

Instagram PSPK

Media sosial PSPK.

10

Laman pendaftaran ulang

Informasi pendaftaran ulang mahasiswa.

11

Laman kepegawaian Untad

Informasi rekrutmen CPNS.

12

Seleksi PPPK

Informasi rekrutmen PPPK

13

Monev Pembelajaran

Dokumen monev pembelajaran.

14SIPANDU

Sistem Informasi pelayanan terpadu

15

Flyer ICT

Informasi program ICT.

16

Sistem Informasi Kepegawaian Untad

Sistem informasi kepegawaian.

17

SIAKAD

Sistem informasi akademik.

18

Jurnal ilmiah FKIP

Portal jurnal FKIP.

19

UPT Perpustakaan Untad

Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Tadulako

20

UPT Perpustakaan FKIP

Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

21

SISTER

Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi

22

SKP

Sistem penilaian kinerja pegawai.

23

Penilaian Kinerja PNS

Dokumen penilaian kinerja PNS

24

Pengelolaan Kinerja ASN

Dokumen pengelolaan kinerja ASN

25

Buku Panduan Akademik FKIP

Dokumen panduan akademik FKIP.

26

RTM FKIP

Dokumen rapat tinjauan manajemen.

27

RTM Universitas

Dokumen rapat tinjauan manajemen universitas.

28

RTM PSPK

Dokumen rapat tinjauan manajemen PSPK

29

SOP Kegiatan Akademik

Dokumen SOP akademik.

30

SOP Kegiatan Mahasiswa

Dokumen SOP kemahasiswaan.

31

SOP Tata Pamong

Dokumen SOP tata pamong.

32

Peraturan Menteri Nomor 3 Tahun 2024

Dokumen statuta Untad.

33

Peraturan Menteri Nomor 41 Tahun 2023

Dokumen OTK Untad.

34

Walailak University

Dokumen kerjasama Walailak University.

35

University of Newcastle

Dokumen kerjasama University of Newcastle

36

CV Orimori

Dokumen kerjasama CV Orimori

37

Universitas Pendidikan Indonesia

Dokumen kerjasama Universitas Pendidikan Indonesia

38

SMA Negeri 1 Palu

Dokumen kerjasama SMA Negeri 1 Palu

39

SDN 9 Mamboro

Dokumen kerjasama SDN 9 Mamboro

A. Dokumen Kebijakan Tentang Mahasiswa

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, pasal 73 (1), 73 (4), 73 (5), dan 73 (7), penerimaan mahasiswa baru PTN.
  2. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
  3. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 tahun 2016 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, bab II tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru
  4. Peraturan Menteri dan Kebudayaan Nomor 6 tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada PTN, Bab 2 Prinsip dan Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Tadulako
  5. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 63/UN28/OT/2022 Tanggal 4 Januari 2022 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Tadulako mengenai Standar Kemahasiswaan dan Lulusan, Standar Pemutakhiran Data PD-DIKTI
  6. Standar Kemahasiswaan dan Lulusan, Standar Pemutakhiran Data PD-DIKTI
  7. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 491/UN28/PD/2024 Tanggal 30 Januari 2024 tentang Penetapan Daya Tampung Awal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Universitas Tadulako
  8. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor Manual 030/UN28/KM.00/2024 Tanggal 1 Juli 2024 tentang Penetapan Daya Tampung Seleksi Mandiri Universitas Tadulako.
  9. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 18083/UN28.1/TU/2022 Tanggal 25 Juli 2022 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) FKIP Universitas Tadulako mengenai Standar Kemahasiswaan dan Lulusan, Standar Pemutakhiran Data PDDIKTI
  10. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 24187/UN28.1/KP/2021 Tanggal 1 Desember 2021 tentang Tes Bakat, Minat, dan Panggilan Jiwa sebagai Pendidik Khusus Mahasiswa FKIP Universitas Tadulako

B. Dokumen Pendukung

NO

Link

Penjelasan

1

PMB UNTAD

Laman resmi penerimaan mahasiswa baru UNTAD, berisi informasi pendaftaran, jalur seleksi, dan persyaratan.

2

FKIP UNTAD

Halaman FKIP UNTAD terkait Kriteria 3 (Mahasiswa), berisi informasi kebijakan dan program.

3

Profil PSPK

Profil Program Studi Pendidikan Kimia (PSPK), berisi visi, misi, data dosen dan fasilitas

4

Berita Digital PMB

Berita resmi UNTAD tentang penerimaan mahasiswa baru

5

SNBP Kemendikbud

Laman resmi SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi) oleh Kemdikbud

6

Portal SNBT

Laman pendaftaran online SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes)

7

Informasi Beasiswa

Laman Informasi beasiswa untuk mahasiswa.

8

Informasi pembinaan minat

Laman Informasi pembinaan minat untuk mahasiswa.

9

Informasi pembinaan bakat

Laman Informasi pembinaan bakat untuk mahasiswa.

10

Informasi pembinaan penalaran

Laman Informasi pembinaan penalaran untuk mahasiswa.

11

Informasi pembinaan kesejahteraan

Laman Informasi pembinaan kesejahteraan untuk mahasiswa.

12

Informasi pembinaan keprofesian

Laman Informasi pembinaan keprofesian untuk mahasiswa.

 

A. Kebijakan Sumber Daya Manusia

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 45, Pasal 46 Ayat 1-4, Pasal 50 Ayat 1-3, Pasal 63 Ayat 1-4, Pasal 64 Ayat 1-2, Pasal 67 Ayat 1- 6, Pasal 68 Ayat 1-2.
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen Pasal 36 Ayat 1-3, Pasal 40 Ayat 2e
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun2013 Tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya Pasal 24 Ayat 1, Pasal 25 Ayat 1, Pasal 26, Pasal 30, Pasal 32
  4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 92 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen Pasal 6, Pasal 7 Ayat 1, Pasal 8 Ayat 1, Pasal 9 Ayat 1, Pasal 10 Ayat 1-2, Pasal 12, Pasal 13.
  5. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Riset Teknologi Pasal 12A dan Pendidikan Tinggi Nomor 26 Tahun 2015 tentang Registrasi Pendidik pada Perguruan Tinggi Pasal 3, Pasal 5, Pasal 6, Pasal 8.
  6. Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2017 Tentang Tunjangan Profesi Dosen dan Tunjangan Kehormatan Profesor Pasal 2, Pasal 8.
  7. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2017 tentang Sertifikasi Pendidik untuk Dosen Pasal 2 sampai dengan Pasal 4
  8. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2024 tentang Pengadaan Pegawai Aparatur Sipil Negara
  9. Peraturan Rektor Universitas Tadulako Nomor 8 Tahun 2016 Tanggal 4 Januari 2016 tentang Kepegawaian Bab 3 Jenis, Status, dan Kedudukan
  10. Peraturan Rektor Universitas Tadulako Nomor 9 Tahun 2016 Tanggal 3 Agustus 2016 tentang Pengembangan Karier Sumber Daya Manusia Universitas Tadulako.
  11. Peraturan Rektor Universitas Tadulako Nomor 01 Tahun 2019 Tanggal 8 Maret 2019 tentang Kode Etik Sivitas Akademik Universitas Tadulako
  12. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 63/UN28/OT/2022 Tanggal 4 Januari 2022 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Tadulako mengenai Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan
  13. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 18083/UN28.1/TU/2022 Tanggal 25 Juli 2022 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) FKIP Universitas Tadulako mengenai Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan

B.Dokumen Pendukung

No.

Link

Penjelasan

1.

Pendaftaran SSCASN

Informasi pelaksanaan seleksi CPNS/PPPK,  yang terdiri dari pengumuman, alur seleksi, dan hasil seleksi.

2.

Pengumuman CASN

Informasi khusus seleksi CPNS/PPPK di lingkungan Kemdikbudristek, termasuk formasi dan persyaratan.

3.

Kepegawaian Untad

Informasi kepegawaian, pengumuman rekrutmen, dan dokumen terkait dosen/tendik di Universitas Tadulako

4.

PEKERTI

Dokumen pelatihan teknik instruksional untuk dosen

5.

AA

Dokumen Pelatihan Penerapan pendekatan terapan dalam pembelajaran.

6.

SKP

Hasil evaluasi kinerja dosen dan tendik

7.

Angket untuk Dosen

Instrumen kepuasan dosen terhadap manajemen SDM

8.

Angket untuk Tendik

Instrumen kepuasan tendik terhadap manajemen SDM

A. Kebijakan Keuangan

  1. Undang Undang No. 17/2003 tentang Keuangan Negara
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara Pasal 1 Ayat 6, Ayat 9, dan Ayat 10
  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 tahun 2012 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Pasal 9 ayat 5
  4. Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 97/KMK.05/2012 tentang Penetapan Universitas Tadulako pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Instansi Pemerintah yang Menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah Pasal 1 Ayat (1, 4, 7), Pasal 2a, Pasal 3 Ayat 1c, Pasal 5 Ayat (2a, 2c), dan Pasal 8 Ayat 1
  6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah Pasal 1 Ayat (1, 3, 5), Pasal 2 Ayat (1a, 1b), Pasal 3 Ayat (1, 2 a-k), Pasal 6 Ayat (1, 2 a-m), Pasal 9 Ayat 1-5a, Pasal 12, Pasal 18, dan Pasal 26 Ayat 1a
  7. Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 83/PMK.06/2016 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemusnahan dan Penghapusan Barang Milik Negara Pasal 1 Ayat 1-14, Pasal 5 Ayat 1 a-g, Pasal 6 Ayat 1 a-g, dan Pasal 14
  8. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2015 tentang Statuta Universitas Tadulako Pasal 104 ayat 1, 2 a-g, 3c, 4, dan Pasal 105 ayat 1, 2, 3;
  9. Buku Standar Operasional Prosedur Pengelolaan Keuangan Satker dan Layanan Umum Universitas Tadulako Tahun 2017
  10. Peraturan Rektor Universitas Tadulako Nomor 8 Tahun 2016 Tanggal 4 Januari Tahun 2016 tentang Kepegawaian Bab 3 Jenis, Status, dan Kedudukan
  11. Peraturan Rektor Universitas Tadulako Nomor 9 Tahun 2016 Tanggal 3 Agustus Tahun 2016 tentang Pengembangan Karir Sumber Daya Manusia Universitas Tadulako
  12. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 3019/UN28/KU/2020 Tanggal 9 Maret 2020 tentang (Pedoman Pelaksanaan Remunerasi Universitas Tadulako
  13. SOP Keuangan FKIP Universitas Tadulako.

B. Dokumen Pendukung

NO

Link

Penjelasan

1

Sosialisasi Penyusunan Anggaran

Kegiatan sosialisasi penyusunan anggaran yang melibatkan pimpinan fakultas, jurusan, program studi, dan unit pendukung di FKIP Untad untuk mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan PkM.

2

Sistem Perencanaan dan Realisasi

Sistem online untuk perencanaan dan realisasi keuangan yang digunakan dalam pengelolaan dana kegiatan.

3

SINARASA

Sistem informasi sarana dan prasarana untuk sosialisasi kebijakan penggunaan fasilitas pendidikan.

 

A. Kebijakan Pendidikan

  1. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tanggal 17 Januari 2012 tentang KKNI Pasal 4.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2023 Tentang Organisasi Tata Kerja Universitas Tadulako.
  3. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2024 Tentang Statuta Universitas Tadulako, khususnya Pasal 11 yang menjelaskan tentang kurikulum.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan tinggi, khususnya pada Bab II terkait Standar Nasional Pendidikan.
  5. Panduan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, 2020.
  6. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Menuju Indonesia Emas Tahun 2024.
  7. Peraturan Rektor Universitas Tadulako Nomor 08 Tahun 2020 Tanggal 31 Juli Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Program Sarjana Universitas Tadulako.
  8. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 5924/UN28/KL/2014 Tanggal 30 September 2014 tentang Pembentukan Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sumber Belajar (PUSBANG-KSB) pada LPMPP.
  9. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 2934/UN28/KP/2013 Tanggal 12 Juni Tahun 2013 tentang penetapan Siklus Peninjauan Kurikulum dalam Lingkungan Universitas Tadulako.
  10. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 5836/UN28/KP/2020 Tanggal 28 Agustus 2020 Tentang Rencana Strategis (RENSTRA) Universitas Tadulako Tahun 2020- 2024.
  11. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 5398/UN28/AK/2020 Tanggal 03 Agustus 2020 Tentang Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Tadulako.
  12. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 4688/UN28/OT/2022 Tentang Penetapan Buku Pedoman Pengembangan Kurikulum Program Studi Berbasis Outcome Based Education Universitas Tadulako.
  13. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 63/UN28/OT/2022 Tanggal 4 Januari 2022 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Tadulako mengenai Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pembelajaran 
  14. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 18083/UN28.1/TU/2022 Tanggal 25 Juli 2022 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) FKIP Universitas Tadulako mengenai Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pembelajaran

B. Dokumen Pendukung

NO

Link

Penjelasan

1

UNTAD-Workshop Pengembangan Kurikulum

Informasi tentang workshop pengembangan kurikulum berbasis MBKM yang diselenggarakan oleh UNTAD.

2

FKIP-SK Kurikulum OBE

Dokumen SK Kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) FKIP Untad

3

Workshop Kurikulum OBE dan BKP-MBKM dalam Kurikulum Pendidikan Kimia

Workshop Kurikulum OBE dan BKP-MBKM dalam Kurikulum Pendidikan Kimia

4

Kurikulum OBE PSPK

Dokumen lengkap kurikulum Program Studi Pendidikan Kimia

5

Workshop Rekonstruksi Kurikulum PSPK

Dokumentasi workshop pengembangan kurikulum berbasis OBE.

6

Panduan Pembelajaran Mikro FKIP

Panduan teknis pelaksanaan pembelajaran mikro.

7

Kalender Akademik

Informasi jadwal akademik Universitas Tadulako

8

SIAKAD

Portal akademik untuk input nilai dan informasi perkuliahan.

9

Pedoman Akademik Untad

Pedoman akademik Universitas Tadulako.

10

Panduan Akademik FKIP

Panduan akademik FKIP Untad.

A. Kebijakan Penelitian

  1. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Bagian Ketiga
  2. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 63/UN28/OT/2022 Tanggal 4 Januari 2022 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Tadulako mengenai Standar Hasil, Isi, Proses, Penilaian, Peneliti, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan, Pendanaan dan Pembiayaan Penelitian, Standar Internasionalisasi Kampus
  3. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 18083/UN28.1/TU/2022 Tanggal 25 Juli 2022 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) FKIP Universitas Tadulako mengenai standar hasilIsiProsesPenilaianPenelitiSarana dan PrasaranaPengelolaanPendanaan dan PembiayaanStandar Internasional Kampus.
  4. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 17766/UN28.1/KP/2021 tentang Penetapan Kelompok Bidang Keahlian Dosen Pada Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Tadulako Tahun 2021
  5. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 22117/UN28.1/KP/2022 tentang Penetapan Kelompok Bidang Keahlian Dosen Pada Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Tadulako Tahun 2022
  6. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 22213/UN28.1/KP/2023 tentang Penetapan Kelompok Bidang Keahlian Dosen Pada Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Tadulako Tahun 2023
  7. Rencana Strategis Penelitian Universitas Tadulako Tahun 2020-2024
  8. Panduan Penelitian Universitas Tadulako 2021
  9. Panduan Penelitian Universitas Tadulako 2022
  10. Panduan Penelitian Universitas Tadulako 2023
  11. Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2024 Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Akademik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
  12. Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tadulako Tahun 2024
  13. Panduan Penggunaan SIPENAEMAS Universitas Tadulako 2020 Pusbang Diseminasi dan Sistem Informasi LPPM Universitas Tadulako
  14. SOP Penelitian Tahun 2018

B. Dokumen Pendukung

NO

Link

Penjelasan

1

Panduan Penelitian Universitas Tahun 2022

Panduan penelitian yang disusun oleh LPPM Untad tahun 2022

2

Panduan Penelitian Universitas Tahun 2023

Panduan penelitian yang disusun oleh LPPM Untad tahun 2023

3

Panduan Penelitian Universitas Tahun 2024

Panduan penelitian yang disusun oleh LPPM Untad tahun 2024

4

SIPENAMAS

Aplikasi sistem informasi penelitian dan pengabdian masyarakat (SIPENAMAS) yang digunakan untuk mengunggah proposal penelitian.

5

LPPM Untad

Website yang menyediakan informasi dan rekap panduan penelitian.

6

Penelitian PSPK

Publikasi Penelitian PSPK

A. Kebijakan Pengabdian Kepada Masyarakat

  1. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Bagian Keempat
  2. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 63/UN28/OT/2022 Tanggal 4 Januari 2022 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Tadulako mengenai Standar Hasil, Isi, Proses, Penilaian, Peneliti, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan, Pendanaan dan Pembiayaan Penelitian, Standar Internasionalisasi Kampus
  3. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 18083/UN28.1/TU/2022 Tanggal 25 Juli 2022 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) FKIP Universitas Tadulako mengenai Standar HasilIsiProsesPenilaian,PenelitiStandar dan PrasaranaPengelolaanPendanaan dan Pembiayaan PenelitianStandar Internasional Kampus.
  4. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 17766/UN28.1/KP/2021 tentang Penetapan Kelompok Bidang Keahlian Dosen Pada Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Tadulako Tahun 2021
  5. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 22117/UN28.1/KP/2022 tentang Penetapan Kelompok Bidang Keahlian Dosen Pada Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Tadulako Tahun 2022
  6. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 22213/UN28.1/KP/2023 tentang Penetapan Kelompok Bidang Keahlian Dosen Pada Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Tadulako Tahun 2023
  7. Rencana Strategis Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2021-2025.
  8. Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2024 Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Akademik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
  9. Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tadulako Tahun 2024
  10. Panduan Penggunaan SIPENAEMAS Universitas Tadulako 2020 Pubang Desiminasi dan Sistem Informasi LPPM Universitas Tadulako
  11. SOP Penelitian Tahun 2018

B. Dokumen Pendukung

NO

Link

Penjelasan

1

Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tahun 2022

Panduan penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang disusun oleh LPPM Untad tahun 2022

2

Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tahun 2023

Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang disusun oleh LPPM Untad tahun 2023

3

Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tahun 2024

Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang disusun oleh LPPM Untad tahun 2024

4

SIPENAMAS

Aplikasi sistem informasi penelitian dan pengabdian masyarakat (SIPENAMAS) yang digunakan untuk mengunggah proposal penelitian.

5

LPPM Untad

Website yang menyediakan informasi dan rekap panduan penelitian.

6

Pengabdian kepada Masyarakat PSPK

Tabel Aktivitas, Relevansi, dan Perlibatan Mahasiswa dalam PkM

A. Kebijakan

  1. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
  2. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Paragraf 2
  3. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 5009/UN28/KM/2019 tentang Panduan Layanan Kemahasiswaan Bidang Minat dan Bakat di Lingkungan Universitas Tadulako.
  4. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 5010/UN28/KM/2019 tentang Panduan Layanan Kemahasiswaan Bidang Penalaran di Lingkungan Universitas Tadulako.
  5. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 63/UN28/OT/2022 Tanggal 4 Januari 2022 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Tadulako mengenai Standar Kompetensi Lulusan, Standar Kemahasiswaan dan Lulusan, Standar Pemutakhiran Data PD-DIKTI, Hasil Penelitian dan Standar Hasil Pengabdian kepada Masyarakat
  6. Peraturan Rektor Universitas Tadulako Nomor Manual.3 Tahun 2024 Tanggal 5 Agustus 2024 tentang Pedoman dan Peraturan Akademik Universitas Tadulako Tahun Akademik 2024-2025.
  7. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 18083/UN28.1/TU/2022 Tanggal 25 Juli 2022 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) FKIP Universitas Tadulako mengenai Standar Kompetensi Lulusan, Standar Kemahasiswaan dan Lulusan, Standar Pemutakhiran Data PD-DIKTI, Hasil Penelitian dan Standar Hasil Pengabdian kepada Masyarakat
  8. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 7120/UN28.1/LP.00.00/2024 Tanggal 14 Oktober 2024 tentang Penetapan Panduan Akademik FKIP Universitas Tadulako Tahun Akademik 2024-2025
  9. Perjanjian Kinerja Tahun 2024 Dekan FKIP dengan Rektor Universitas Tadulako.

B. Dokumen Pendukung

NO

Link

Penjelasan

1

UNTAD

Kebijakan terkait tridarma pendidikan

2

PKKMB

Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang diselenggarakan FKIP UNTAD.

3

Tracer Study Untad

Platform resmi tracer study UNTAD untuk melacak lulusan.

 

SIPENAMAS

Sistem informasi penelitian dan pengabdian masyarakat UNTAD.

4

Bima Kemdikbud

Platform hibah penelitian dan pengabdian Kemdikbud

5

Prestasi Mahasiswa Tingkat Lokal

Prestasi yang dicapai mahasiswa pada tingkat Lokal

6

Prestasi Mahasiswa Tingkat Nasional

Prestasi yang dicapai mahasiswa pada tingkat Nasional

7

Prestasi Mahasiswa Tingkat Internasional

Prestasi yang dicapai mahasiswa pada tingkat Internasional

8

Sertifikat HKI

Contoh sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

9

Buku Dasar-Dasar Kimia Analitik

Contoh Dokumen Karya Tulis Dosen PSPK berupa buku yang diadopsi oleh masyarakat

10

Panduan MBKM Kewirausahaan

Contoh Dokumen Karya Tulis Dosen PSPK berupa buku yang diadopsi oleh masyarakat