
Palu, 12 Juli 2025 – Sebuah inisiatif inovatif dalam dunia pendidikan telah dilakukan oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako melalui kegiatan pelatihan di SMAN 9 Palu. Program ini mengusung tema “Great Teaching Revolution: Pelatihan Gamifikasi – AI – EdTech untuk Mewujudkan Joyful Mindful Learning”.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat yang memperoleh pendanaan dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM), Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi Republik Indonesia tahun 2025. Tim pelaksana diketuai oleh Ir. Purnama Ningsih, S.Pd., M.Si., Ph.D (Dosen PSPK) dan beranggotakan Afrillia Anggreni, M.Pd., Agussatriana, S.Pd., M.Pd., serta mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untad.
Fokus utama dari pelatihan ini adalah meningkatkan kapasitas guru-guru SMAN 9 Palu dalam mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan (AI), unsur gamifikasi, dan platform teknologi pendidikan (EdTech) ke dalam kegiatan pembelajaran. Selama pelatihan, peserta diperkenalkan pada berbagai aplikasi dan pendekatan berbasis teknologi seperti penyusunan perangkat ajar berbasis AI menggunakan ChatGPT, Grok, Deepseek, Gemini, Canva Magic Design, Gamma, dan Heyzine, serta pemanfaatan platform Quizizz, Wordwall, dan microsite untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.
Ketua Tim PKM, Purnama Ningsih, menyampaikan bahwa pelatihan ini tidak hanya memberikan teori, tetapi juga mendorong para guru untuk aktif berdiskusi dan mempraktikkan secara langsung berbagai teknik yang dipelajari. Bahkan, beberapa guru berhasil merancang dan mempresentasikan perangkat ajar yang menggabungkan elemen AI dan gamifikasi secara efektif.
Kegiatan ini turut menghadirkan Dewi Satria Ahmar, S.Pd., M.Pd. sebagai narasumber utama. Pelatihan mendapat respons positif dari pihak sekolah. Armin, S.Pd., Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMAN 9 Palu, mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang lebih menarik dan relevan dengan perkembangan zaman. (PN)