Pelatihan Asisten Praktikum Lab. Kimia FKIP UNTAD Tahun Ajaran 2022

0
551

Palu – Pada tanggal 30 Maret 2022 dan 1 April 2022, Program studi pendidikan kimia mengadakan pelatihan asisten praktikum semester genap kepada beberapa mahasiswa yang akan menjadi Asisten Laboratorium. Kegiatan ini bertujuan agar calon Asisten Lab. dapat mempelajari kembali materi-materi dan teori-teori sebelum diberikan kepada mahasiswa yang akan melakukan praktikum.

Materi yang dipelajari pada hari pertama adalah materi-materi Umum, antara lain Evaluasi Pelaksanaan Praktikum 2021/2022 peran Lab dalam pembelajaran kimia yang dibawakan langsung oleh Kepala Lab. Kimia FKIP UNTAD Ibu Dr. Sitti Aminah, M.Si, materi kedua yaitu Keselamatan, keamanan dan kesehatan Kerja Lab Kimia yang dibawakan oleh Koord Prodi Pendidikan Kimia, yang ketiga adalah pengenalan dan penanganan bahan kimia dan alat laboratorium kimia, yang ke-empat analisis data hasil percobaan, yang dibawakan oleh PLP dan Pengelola Lab. Dan yang terakhir Tugas dan tanggung jawab Asisten, yang dibawakan oleh kepala Lab Kimia FKIP Untad.

Materi pada hari kedua adalah materi khusus yaitu implementasi/Uji coba Modul Praktikum dan penilaian tiap bidang. Bidang-bidang tersebut adalah Kimia Organik, Kinetika Kimia, Pemisahan Analitik, Kimia Anorganik Logam, Biokimia Lanjut dan Kimia dasar lajutan. Total Asisten yang akan melakukan Praktikum pada semester ini berjumlah 18 oarang.