Ketujuh calon tersebut sangat berkompeten sebagai calon anggota senat perwakilan program studi. Pemilihan tersebut dilakukan dengan jujur adil dan transparan, Akan tetapi sebelum dilakukan proses pemungutan suara, salah satu calon mengundurkan diri, calon tersebut adalah bapak Ratman, S.Pd., M.Si dikarenakan alasan tertentu, sehingga tersisa 6 calon anggota senat perwakilan Program Ptudi Pendidikan Kimia. Pemilihan ini dilakukan oleh seluruh dosen program Studi Pendidikan Kimia dan di dapatkan hasil di urutan pertama ditempati oleh Dr. Tri Santoso, M.Si dengan perolehan suara 14 suara, posisi kedua ditempati oleh Dr. H. Tahril M.Si., M.Pd.I., M.P dengan perolehan suara sebanyak 13 suara, di urutan ketiga ditempati oleh dua orang dosen dengan perolehan suara 12 suara, yaitu Dr. Afadil, S.Pd., M.Si dan Dr. Kasmudin Mustapa, S.Pd., M.Pd dan urtan keempat ditempati oleh Dr. Irwan Said, M.Si dan Dr. H. Jamaludin M. Sakung, S.Pd., M.Kes dengan perolehan 5 Suara.

Pada hari senin tanggal 26 agustus 2019 telah dilaksanakan pemilihan anggota senat perwakilan Program Studi Pendidikan Kimia. Pemilihan Anggota Senat ini di ikuti oleh 7 orang calon anggota senat dari Program Studi Pendidikan Kimia yaitu, Dr. H. Tahril, MSi., M.Pd.I., M.P; Dr. Tri Santoso, M.Si; Dr. Irwan Said, M.Si,; Dr. H. Jamaludin M.Sakung, S.Pd., M.Kes.; Ratman, S.Pd.; M.Si; Dr. Afadil, S.Pd.,M.Si; dan Dr. Kasmudin Kasmudin, S.Pd., M.Pd. Anggota Senat Perwakilan Program Studi Pendidikan Kimia Yang dibutuhkan sesuai dengan surat edaran Dekan FKIP UNTAD sebanyak 3 Orang, sehingganya akan dilakukan pemungutan suara untuk menentukan siapa yang di percaya untuk menjadi anggota senat sebagai perwakilan Program Studi Pendidikan Kimia di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.

Berdasarkan perolehan suara tersebut maka Dr. Tri Santoso, M.Si dan Dr. H. Tahril M.Si., M.Pd.I., M.P terpilih menjadi anggota senat perwakilan Program Studi Pendidikan Kimia, akan tetapi karena terdapat kesamaan hasil suara di prosoi ke tiga makan dilakukan pemiliha kembali untuk mencari satu orang yang akan menjadi anggota ketiga dari senat perwakilan program studi pendidikan kimia. setelah dilakukan pemilihan kembali, pemilihan ini di menangkan oleh Dr.Afadil , S.Pd., M.Si. Sehingga Angota Senat Perwakian Program Studi Pendidikan Kimia di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako adalah, 1. Dr. Tri Santoso, M.Si., 2. Dr. H. Tahril, M.Si., M.Pd.I., M.P 3. dr. Afadil, S.Pd., M.Si