Visi, Misi dan Tujuan

VISI 2020-2045

Program studi pendidikan kimia (PSPK) berstandar internasional dalam pengembangan sumber daya manusia dan IPTEKS bidang pendidikan kimia berwawasan lingkungan hidup

MISI 2020-2045

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk mempersiapkan calon pendidik, instruktur, peneliti, dan pengelola dalam bidang pendidikan kimia yang terstandar dan mampu berkolaborasi secara nasional dan internasional
  2. Menyelenggarakan dan menyebarluaskan penelitian pendidikan kimia yang inovatif berorientasi nasional dan internasional serta berwawasan lingkungan hidup.
  3. Menyelenggarakan dan menyebarluaskan pengabdian bidang pendidikan kimia yang inovatif berorientasi nasional dan internasional serta berwawasan lingkungan hidup.

PROFIL LULUSAN  PSPK

No Profil Lulusan (PL) Deskripsi Profil Lulusan
PL1

 

 

 

Praktisi di bidang pendidikan kimia berdaya saing global

 

 

 

1.     Memiliki kreativitas dan  inovatif pada pembelajaran kimia  dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengikuti perkembangan ilmu pendidikan kimia dan kimia.
2.     Memiliki kemampuan merancang desain dan sistem instruksional sesuai dengan teori pembelajaran dan mengembangkannya melalui riset.
3.     mampu berkumunikasi secara efektif   secara  visual, oral maupun tertulis.
4.     Mampu mengelola dan mengembangkan lembaga pendidikan kimia dan laboratorium pendidikan.
PL2 Asisten peneliti bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia Mampu menyelesaikan permasalahan kemudian mengemasnya dalam bentuk karya ilmiah.
PL3 Wirausahawan bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia Memiliki kemempuan beradaptasi, tumbuh, dan berkembang menjadi tenaga professional maupun entrepreneur sesuai dengan kondisi sosial budaya, sains, teknologi terkini, dan seni yang melingkupinya pada  bidang pendidikan kimia atau kimia.

 

Tujuan Program Studi (Program Educational Objectives/PEO) PSPK

  1. Menghasil sarjana pendidikan kimia  dengan di awal karirnya menjadi praktisi pendidikan, aksisten peneliti dan wirausahawan yang menerapkan kompetensi pedagogi, andagogi, dan heutagogi bidang ilmu kimia, kepribadian, dan social untuk problem solving dalam pekerjaannya
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan kimia yang responsif dan adaptif terhadap perkembangan IPTEKS dalam bidang pendidikan kimia.
  3. Menghasilkan sarjana pendidikan kimia yang responsif dan adaptif terhadap perubahan sosial dan lingkungan
  4. Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian inovatif dalam bidang pendidikan kimia yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di tingkat sekolah dan perguruan tinggi
  5. Menjalin kolaborasi dalam bidang penelitian dan pendidikan kimia dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri.
  6. Mengkomunikasikan hasil penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan kimia kepada stake holder
  7. Menghasilkan sarjana pendidikan kimia yang memiliki kemampuan komunikasi global dan berjiwa entrepreneur

CPL PSPK

SIKAP 1 Menjalankan  amalan  sesuai keyakinan agamanya dan budaya Bangsa Indonesia berdasarkan jiwa Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
2 mengembangkan karya yang inovatif dan adaptif dalam kehidupan bermasyarkat sesuai tuntutan dan dinamika lingkungan  global yang bertanggung jawab.
PENGETAHUAN 1 Menerapkan konsep teoritk kimia dan pendididikan kimia yang sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik yang hidup di era glabal secara kreatif dan inovatif.
2 Melakukan kajian ilmiah kimia dan pendidikan kimia untuk mengeksplorasi fenomena alam agar dapat memberikan solusi, memanfaat dan melestarikan lingkungannya.
KETERAMPILAN UMUM 1 bekerja mandiri secara logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) pada bidang Kimia dan pendidikan.
2 mengaji implikasi pengembangan IPTEKS sesuai bidang kimia dan pendidikan yang menerapkan nilai humaniora berdasarkan pendekatan dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan karya ilmiah
3 mengkordinasi, mengevaluasi, dan mengomunikasikan hasil kinerjanya erdasarkan data dan informasi yang sahih,
4 Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran kimia di sekolah dengan memperhatikan perkembangan terkini
5 Mampu mengelola dan mengembangkan laboratotium pembelajaran serta mengelola pendidikan kimia pada lembaga pendidikan.
KETERAMPILAN KHUSUS 1 merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi  pembelajaran kimia serta mengembangkan bahan ajar dan metode pembelajaran yang berkualitas sesuai dengan karakteristik peserta didik, dan deskripsi isi mata pelajaran dengan memanfaatkan perkembangan TIK terkini.
2 Memberikan kontribusi dalam pengelolaan kewirausahaan yang inovatif dan adaptif dalam kehidupan bermasyarkat sesuai tuntutan  dinamika lingkungan  global pada bidang kimia dan pendidikan.