Tracker Study

Studi pelacakan (tracer study) untuk mendapatkan hasil evaluasi kinerja lulusan dengan pihak pengguna, dilakukan dengan Metode, Proses, Mekanisme dan Tindak lanjut yang dilakukan, adalah :

a.      Metode

Pengambilan data untuk memperoleh informasi dari pengguna dan alumni dilakukan dengan menyebarkan angket yang diisi oleh pimpinan instansi/kepala sekolah/guru senior, serta alumni PSPK. Pengambilan sampel dilakukan secara periodikterhadap alumni yang sudah bekerja dan alumni yang sedang menempuh pendidikan program studi di Pascasarjana.

b.      Proses

Angket berisi pernyataan dan pertanyaan yang diisi oleh pengguna dan alumni. Angket yang terkumpul kemudian diolah dan ditabulasikan sesuai dengan ketentuan. Saran/masukan dari pengguna dan alumni dicatat untuk dilakukan perbaikan oleh PSPK.

c.      Mekanisme

Angket kepada pengguna berisi identitas yang harus dilengkapi oleh pengguna dan daftar pernyataan yang harus diisi dengan memberikan tanda tanda centang (√) pada pilihan penilaian  yang terdapat pada kolom yang telah disediakan. Daftar pernyataan memuat tujuh kinerja alumni terdapat pada Tabel 3.3.

d.      Tindak Lanjut

Berdasarkan hasil angket yang diperoleh, maka dapat dilakukan beberapa tindak lanjut seperti: pencapaian tingkat kompetensi lulusan yang lebih baik, sosialisasi dengan alumni yang baru selesai studi tentang pentingnya keberadaan alumni untuk ikut berperan serta dalam pengembangan PSPK, serta untuk menjalin keberlanjutan hubungan antara alumni dan program studi.

Hasil pelacakan untuk perbaikan:

  • Proses pembelajaran. Hasil angket pada pelacakan alumni memberikan informasi tentang kesesuaian antara materi perkuliahan yang pernah diperolehnyaa di bangku kuliah dan penerapannya di tempat kerja. Informasi tersebut dapat digunakan untuk melakukan restrukturisasi kurikulum sesuai dengan kebutuhan stakeholders dan tantangan pendidikan yang terkini.
  • Penggalangan dana. Alumni yang telah bekerja dan memperoleh penghasilan diharapkan dapat membantu PSPK jika ada kegiatan. Misalnya adalah kegiatan Himaski, alumni atau seminar yang diselenggarakan oleh PSPK.
  • Informasi pekerjaan. Hasil angket pelacakan alumni juga memberikan informasi tentang peluang lapangan kerja baik dari pengguna maupun dari alumni.
  • Membangun jejaring. Komunikasi langsung maupun tidak langsung yang terjadi pada saat pelacakan alumni telah membangun jejaring kerjasama yang saling menguntungkan. Contohnya adalah komunikasi terhadap alumni tentang peluang kerja baru dan informasi beasiswa untuk studi lanjut.

Hasil studi pelacakan dirangkum dalam tabel berikut:

No. Jenis Kemampuan Tanggapan Pihak Pengguna Rencana Tindak Lanjut oleh Program Studi
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
(%) (%) (%) (%)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
1 Integritas (etika dan moral) 47.4 57.9 0 0 Silaturahmi melalui kegiatan keagamaan seperti kegiatan Halal bi Halal, dan temu Alumni.
2 Keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme) 42.1 57.9 0 0 Workshop tentang penelitian tindakan kelas dan penulisan artikel ilmiah
3 Bahasa Inggris 5.3 47.4 27.8 22.2 Motivasi untuk mengikuti tes TOEFL/IELTSuntuk menambah kemampuan berbahasa danmemenuhi persyaratan untuk melanjutkan studi S2
4 Penggunaan Teknologi Informasi 31.6 57.9 11.1 0 Pelatihan internet dan pembuatan bahan ajar berbasis IT
5 Komunikasi 52.6 47.4 0 0 Melacak keberadaan alumni melalui alat teknologi, misalnya Handpone, IT.
6 Kerjasama tim 31.6 68.4 0 0 Memberikan motivasi agar kegiatan lesson studi tetap berjalan dengan lancar
7 Pengembangan diri 36.8 63.2 0 0 Memberikan motivasi untuk senantiasa berperan aktif dalam mencari informasi yang berhubungan dengan pembelajaran kimia, misalnya mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran kimia, melakukan forum group discussion (FGD) dengan guru dan dinas terkait, dan pemberdayaan lesson study maupun MGMP.
Total 35,3

(a)

57,2 (b)  5,6

(c)

3,2

(d)

  • Rata-rata waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama = 2,5 bulan (Jelaskan bagaimana data ini diperoleh)

Data tersebut diperoleh dengan menggunakan angket alumni yang diberikan kepada para alumni yang telah bekerja baik di sekolah sebagai guru atau tenaga kependidikan maupun di instansi lainnya. Angket berisi sejumlah daftar isian seperti waktu kelulusan, waktu pertama kali bekerja, jenis pekerjaan, dan lain-lain (Lampiran). Dengan mengkalkulasi total rentang Waktu tersebut dibagi jumlah responden didapatkan rata-rata waktu tunggu lulusan untuk bekerja.

Persentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya = 93%

Data diperoleh menggunakan angket alumni yang diberikan kepada beberapa alumni yang telah bekerja baik di sekolah maupun instansi lain. Angket berisi sejumlah daftar isian seperti waktu kelulusan, waktu pertama kali bekerja, jenis pekerjaan, dan lain-lain.